Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis Buku Ajar

 


Menulis Buku Ajar


Kegiatan Pertemuan 5 Gelombang ke-30

Hari/Tanggal             : Rabu/ 25 Oktober 2023
Pukul                         : 19.00 sampai 21.00 WIB
Nama Narasumber    : Dr.MUDAFIATUN ISRIYAH, S. Pd, M. Pd 
Moderator                 : NDY (Nur Dwi Yanti)elwiyah,S.Pd,M.M
Tempat  Kegiatan      : Daring Via Wa Group Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI (KBMN)


Intermezo penulis

Jam 22.00 baru sadar kalau sekarang waktu menulis bersama  Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI (KBMN), kegiatan yang cukup membuat antusias bagi peserta seperti kami-kami ini mendapatkan ilmu baru dari berbagai latar belakang narasumber. sebelumnya aktifitas sebagai manusia tentunya bisa menyeimbangkan kehidupan rohani dan dunia, Sehingga saya menyempatkan melihat Wa group yang ternyata banyak chat panjang saya lhat seratus lebih luarbiasa  keren semangat peserta yang mengikuti kegiatan ini. Saya mersa ketinggalan berita ni dalam benak, apapun itu tetap semangat walau terlambat mengikutinya. 


Materi tentang Menulis Buku Ajar

Dr.MUDAFIATUN ISRIYAH, S. Pd, M. Pd seorang dosen dan pengajar di FIP di program studi BK di UNIPAR Jember. Untuk lebih jelas tentang profil Bu Mudafiatun bisa dilihat gambar di bawah ini :
Profil penulis

Bahan ajar adalah Segala sesuatu bahan yang digunakan oleh guru untuk membantu kelancaran belajar mengajar, bisa berupa bahan tertulis atau tidak tertulis.
Untuk bisa menulis bahan ajar perlu memperhatikan syarat awalnya yaitu:
  1. Penguasaan Ilmu: Sebagai guru atau dosen tugasnya membuat bahan ajar pastinya sudah menguasai bidang ilmu yang menjadi expert, dengan menguasai ilmu tentunya mudah untuk membuat bahan ajar dengan berbagai macam variasi bentuk.
  2. Kemampuan berbahasa: Membuat tulisan di tuntut bisa merangkai kata begitu juga membuat bahan ajar dengan ketrampilan kita mengolah meramu bahasa yang tepat membuat tulisan kita layak tayangkan atau dipublish, bisa dipahami oleh kita dan pembaca lainnya.
  3. Komitmen Guru dan Dosen: Salah satu kewajiban sebelum mengajar di depan anak-anak didik dituntut seorang guru bisa membuat bahan ajar, hal tersebut penting karena alur mengajar kita tergantung salah satunya bahan ajar, supaya kita punya pedoman mengajar yang baik untuk peserta didik.
Bahan ajar bisa diartikan juga seperangkat materi disusun sistematis tertulis ataupun tidak membuat terciptanya lingkungan dan suasana memungkinkan anak-anak didik melakukan aktifitas belajar.
Berikut contoh dari bahan ajar :
Bahan ajar Tertulis : buku, teks, buku refernsi, manograf
  • Bahan ajar mandiri misalnya Modul
  • Bahan ajar berupa panduan/ petunjuk misalnya: peta, diagram, poster
  • Brosur/ Leaflet
Bahan ajar tidak tertulis : e-learning, CAI, Pembelajaran bantuan komputer, Video, TV Radio.

Alasan kenapa bahan ajar penting :  
👉 Bahan ajar membuat guru mempunyai waktu memberikan bimbingan kepada siswa.
👉 Bahan ajar membantu siswa jika tidak ada guru mengajar.
👉 Bahan ajar bisa membantu siswa belajar di manapun tempatnya.
👉 Melalui bahan ajar, siswa mengetahui materi yang diajarkan seorang guru membuat guru bukan satu-satunya sumber informasi.
👉 Bahan ajar membuat siswa belajar sesuai kemampuan, dan juga kecepatan masing-masing siswa beda.

Hal positif yang didapatkan guru membuat buku ajar adalah :
👉 Promosi dan kenaikan pangkat
👉 Mendapatkan insentif
👉  Finansial atau royalti
👉 Eksistensi diri
👉 Media Ekspresi
👉 Branding Personal dan Institusi
👉 Penguatan keilmuan

Jenis Buku ajar:
  1. Buku ajar : Buku yang menjadi pegangan guru, dibuat oleh para pakr dibidang terkait yang memenuhi standar rrencana pembelajar diterbitkan resmi dan disebarluaskan.
  2. Buku Modul: Buku dibuat dalam bentuk modul-modul terpisah dengan pokok bahasan disusun berdassarkan rancangan pembelajaran digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Diktat : buku dibuat untuk matakuliah berbentuk tulisan dan disusun oleh pengajar matakuliah tersebut, sesuai kaidah penulisan ilmiah dan disebarluaskan ke mahsiswa.
  4. Petunjuk Praktkum: Buku untuk pedoman praktikum terdiri dari tatat cara, persiapan, pelaksanaan, analisis data pelaporan,ditulis dosen atau tim dosen yang menangani kegiatan praktikum tersebut sesuai kaidah tulisan ilmiah.
  5. Naskah Tulorial : Bahan untuk rujukankegiatan tutorial mata kuliah ditulis oleh pengajar atau tim pelaksana tutorial.

















2 komentar untuk "Menulis Buku Ajar"